Biografi : Enzo Ferrari – Pendiri Ferrari
Enzo Ferrari – Pria Italia satu ini dikenal sebagai pendiri Ferrari yang dikenal sebagai perusahaan produsen mobil mewah dan sporty. Ferrari yang berlogo kuda jingkrak ini di dirikan oleh Enzo Ferrari pada tahun 1947.
Ferrari menjadi salah satu merk mobil ternama di dunia yang memproduksi mobil – mobil dengan desain sporty serta mewah di samping itu juga mempunyai kecepatan yang tinggi. Tidak heran jika Ferrari di identikkan dengan kemewahan. Semua itu tidak lepas dari peran Enzo Ferrari sebagai pendirinya.
Biografi Enzo FerrariBiografi Enzo Ferrari
Beliau mempunyai nama lengkap Enzo Ferrari yang lahir pada tanggal 18 Februari 1898 di Modena, Italia. Ayahnya bernama Alfredo Ferrari dan ibunya bernama Adalgisa Ferrari.
Masa Kecil
Enzo besar di Modena, akan tetapi beliau dibesarkan tanpa mengenyam pendidikan formal sebagaimana anak yang lainnya. Enzo Ferrari muda mempunyai hasrat dengan mobil balap. Diketahui bahwa Enzo mulai mengendarai mobil balap sejak usia sangat muda serta memutuskan menjadi pembalap sejak usia 10 tahun. Enzo tertarik di dunia otomotif pada saat ayahnya Alfredo Ferrari membawanya menonton balapan di Sirkuit Bologna pada tahun 1908.
Enzo Ferrari kemudian mulai banyak menonton kompetisi balapan di Italia setelah itu, dalam benaknya kompetisi balap adalah sebuah tantangan yang menarik baginya. Pada tahun 1914, Enzo bekerja sebagai guru di Lathe Operator School di bengkel pemadam kebakaran di Modena, Italia. Nasib buruk menimpa Enzo pada saat Perang Dunia I berkecamuk. Pada tahun 1916, beliau harus kehilangan ayah dan saudara laki – lakinya yang meninggal akibat wabah flu di Italia.
Bergabung Dalam Militer
Di tahun yang sama, Enzo Ferrari bergabung dalam militer selama perang dunia I dan beliau di tugaskan di Resimen Alpine Ketiga, Val Seriana . akan tetapi pada saat itu beliau terkena wabah flu pada tahun 1918, sehingga menyebabkan Enzo keluar dari militer di saat perang dunia I hampir berakhir.
Setelah keluar dari militer, Enzo Ferrari memperoleh surat rekomendasi dari otoritas militer, Italia saat itu. Enzo selanjutnya melamar pekerjaan ke perusahaan Fiat pada tahun 1918. Sayangnya tidak ada lowongan disana ketika itu.
Tapi, beliau kemudian memperoleh pekerjaan sebagai pengemudi tes di kota Turin, Italia di sebuah perusahaan motor. Pada tahun 1919, Enzo mulai bekerja di perusahaan yang bernama Costruzioni Meccaniche Nazionali, di kota Milan sebagai pengemudi uji coba.
Memulai Balapan Pertama
Keahliannya dalam mengemudi membuat Enzo segera di promosikan sebagai seorang pembalap. Pada tahun 1919, Enzo Ferrari mengawalai debut balapan pertamanya di balapan Parma – Poggio di Berceto. Beliau finish di posisi ke 4 dalam lomba. Beliau juga berpartisipasi dalam balapan Targa Florio di tahun yang sama akan tetapi beliau menuai hasil yang kurang memuaskan karena bermasalah dengan tangki bahan bakar.
Pada tahun 1920, Enzo Ferrari mengikuti balapan mobil Targa Florio sekali lagi. Beliau mengendarai Alfa Romeo, dan finish di posisi kedua. Kemenangan ini merupakan awal dari pengalamannya selama 20 tahun dengan tim Alfa Romeo. Pada tahun 1921, Enzo mengambil bagian dalam banyak balapan sebagai pembalap tim Alfa. Beliau mengalami kecelakaan pertamanya di tahun yang sama ketika Grand Prix Brescia.
Membentuk Tim Balap Scuderia Ferrari
Sejarah Ferarri dimulai pada tahun 1923, Enzo bertemu dengan Count Baracca, Francesco Baracca, dan Countess Baracca. Mereka memberikan logo “ Kuda Jingkrak ” mereka sebagai maskot di mobil balap Enzo Ferrari. Pada tahun 1929, Enzo kemudian membentuk sebuah tim balap Scuderia Ferrari Grand Prix yang menjadi bagian dari tim balap Alfa Romeo.
Di Tahun 1931 menjadi tahun terakhir bagi Enzo sebagai seorang pembalap. Balapan terakhirnya adalah di sirkuit Three Provinces dimana beliau finish di urutan kedua dengan mengendarai mobil Alfa Romeo 8C 2300 MM.
Sesudah itu beliau meninggalkan balapan pada tahun tersebut. Di tahun 1933, karena kendala keuangan membuat Alfa menghentikan hubungannya dengan tim balap Scuderia Ferrari bentukan Enzo Ferrari. Alfa kemudian mengambil alih balapan pada tahun 1937 dan Enzo di tempatkan sebagai Direktur Olahraga. Pada tahun 1939, Beliau kemudian meninggalkan tim Alfa Romeo dengan kesepakatan bahwa Beliau tidak akan menggunakan nama Ferrari dalam kaitannya dengan mobil balap dan Selama empat tahun ke depan. Pada tahun yang sama, beliau mendirikan perusahaan sendiri yang bernama Auto Avio Costruzioni di Modena. Beliau mengawali perusahaannya tersebut di sebuah garasi di Viale Trento e Trieste.
Mendirikan Perusahaan Ferrari
Pada tahun 1940, Enzo Ferrari kemudian merancang sebuah mobil balap untuk Mille Miglia. Pada tahun itu juga perusahaan milik Enzo di paksa untuk memproduksi mobil untuk Pemerintah Fasis Benito Mussolini disaat perang dunia II berkecamuk. Beliau juga mendesain mobil Ferrari pertama pada tahun 1945. Sesudah perang dunia II selesai, Enzo Ferrari resmi mendirikan perusahaan Ferrari pada tahun 1947.
Memenangkan Grand Prix Pertama Kali
Selanjutnya pada tahun 1951, perusahaan Enzo memenangkan Grand Prix pertamanya bersama Jose Froilan Gonzalez di sirkuit Silverstone. Kejuaraan ini adalah kemenangan pertama perusahaan Ferrari. tahun itu juga merupakan waktu disaat perusahaan Ferrari mulai menjual mobil sport hasil rancangannya dan hasilnya digunakan untuk membiayai partisipasinya dalam turnamen balapan.
Dalam biografi Enzo Ferrari diketahui bahwa pada tahun 1957, Ferrari dan Englebert yang merupakan pabrikan ban dituduh telah melakukan pembunuhan pada saat Mille Miglia dan Alfonso de Portago mengendarai Ferrari meninggal bersama dengan rekannya disaat salah satu bannya meledak. Ketika itu sembilan orang dari penonton juga tewas. Akan tetapi tuntutan itu dihentikan pada tahun 1961.
Pada tahun 1969, Enzo menjual sekitar 50% sahamnya kepada perusahaan Fiat namun Enzo mempunyai kendali penuh dalam mengatur balapan bagi Ferrari. Padahal ketika itu Ford adalah perusahaan pertama yang memberikan tawaran kepada Ferrari akan tetapi beliau memutuskan untuk tidak meneruskan tawaran tersebut .
Tahun 1974, Enzo memilih pensiun dari posisi managing director Ferrari. Beliau kemudian mempromosikan Luca Cordero di Montezemolo sebagai manajer tim Formula satu dan memintanya untuk mewakili beliau di semua perlombaan.
Membuat Berbagai Mobil Kelas Dunia
Pada tahun 1982, Ferrari membuat sebuah mobil yang mempunyai basis kokoh dan memilih pengemudi kelas dunia. Meskipun Ferrari tetap terlibat dengan Scuderia hingga kematian nya akan tetapi tidak ada lagi kejuaraan yang di ikuti oleh Enzo Ferrari.
Enzo Ferrari Wafat
Enzo Ferrari meninggal dunia pada tanggal 14 agustus 1988 dalam usia 90 tahun. Kematiannya di umumkan dua hari kemudian. Selama hidupnya, Enzo Ferrari di kenal sebagai seorang tertutup hampir tidak pernah tampil di publik ataupun memberikan wawancara kepada wartawan. Enzo juga dikenal sebagai seorang pekerja keras.
Dalam kehidupan pribadinya, Enzo Ferrari diketahui menikah dengan seorang wanita yang bernama Laura Dominica Garello Ferrari pada tahun 1932. Mereka mempunyai seorang putra yang bernama Alfredo ‘ Dino ’ Ferarri. Akan tetapi anaknya tersebut meninggal dunia karena penyakit distrofi otot pada tahun 1956. Pada tahun sebelumnya yaitu tahun 1945, Enzo Ferrari mempunyai putra kedua yang bernama Piero dari kekasihnya yang bernama Lina Lardi namun pada tahun 1975 beliau baru mengakui Piero sebagai putra sahnya, setelah kematian Lina Lardi.
Perusahaan Ferrari Sepeninggal Enzo Ferrari
Sepeninggal Enzo Ferrari, perusahaan Ferrari menjadi salah satu perusahaan pabrikan mobil balap dan mobil sporty yang terkenal di dunia. Mobil – mobil produksi Ferrari dikenal dengan desain yang elegan dan juga mewah. Ferrari juga masih berpartisipasi dalam turnamen balap formula satu di dunia.
Baca Juga :
- Johannes Kepler Tokoh Penting Revolusi Ilmiah – Biografi, Profil dan Sejarahnya
- JJ Thomson Penemu Elektron – Biografi, Profil dan Sejarahnya